Info

Friday, September 20, 2013

DOUJIN MARKET COMMUNITY


Panitia penyelenggara menyediakan 8 (delapan) unit Stand, khusus untuk kalangan Doujinka / Mangaka / Komikus / Illustrator / seniman yang ingin bergabung. Jika pendaftar melebihi quota, maka pendaftaran ditutup.

Panitia / Penyelenggara menyediakan zona “doujin market”. Zona ini merupakan sebagian kecil dari keseluruhan event. Untuk kesekian kalinya zona ini difasilitasi oleh panitia penyelenggara agar menumbuhkan calon industri / bisnis kreatif indonesia untuk masa depan. Terinpirasi industri seperti di jepang (namanya: comiket). Di event selanjutnya,  zona doujin ini akan berkembang dan mungkin suatu saat akan dapat menjadi event sendiri, terlepas dari event ini.

Inotaku Enterprise sebagai penyelenggara masih terus mensupport anak muda indonesia supaya bisa menghasilkan industri kreatif dan peluang bisnisnya. Panitia penyelenggara mengundang dan mengajak semua pihak yang punya potensi dalam topik doujin, , manga, ilustrator dan seniman untuk bergabung, melengkapi, sebagai komunitas lokal, untuk bersama-sama menggiatkan dan mengembangkan peluang dan potensi karya-karya gambar original di dalam negeri.

----------------------------------------------------------------------------------

TUJUAN & AKTIVITAS DOUJIN MARKET

  1. Menciptakan peluang bisnis produk doujin / komik / gambar / fan-art / poster / dll.
  2. Membantu menyalurkan artist / seniman lokal untuk menciptakan bisnisnya.
  3. Promosi bakat dan potensi lokal kepada masyarakat luas, seperti yang sudah lama dilakukan negara lain.
  4. Memberikan wadah dan event kegiatan komunitas doujin lokal indonesia.
  5. Pameran Doujin / Fan-Art / Komik
  6. Workshop & Demo Doujin / Fan-Art / Komik
  7. Penjualan Doujin / Fan-Art / Komik
  8. Services (Layanan) Doujin / Fan-Art / Komik
  9. Recruiting new member.


----------------------------------------------------------------------------------

AKTIVITAS

  • Doujin, Manga, Fan-Art Exhibition
  • Doujin, Manga, Fan-Art Workshop & Demo
  • Doujin, Manga, Fan-Art Promotion
  • Doujin, Manga, Fan-Art Product's Selling
  • Doujin, Manga, Fan-Art Service
  • Doujin, Manga, Fan-Art Free stuff, free selling
  • etc.


----------------------------------------------------------------------------------

PERSYARATAN & KETENTUAN BERGABUNG

  1. Biaya sewa stand masih gratis karena ditanggung KHCI, Biaya sewa stand  FREE (gratis), Peserta tidak perlu membayar sejumlah uang sewa stand, tetapi jika peserta doujin market community (DMC) melakukan aktifitas penjualan, peserta diwajibkan memberikan satu atau beberapa produknya kepada panitia / penyelenggara, guna untuk dokumentasi event atau memberikan merchandise kepada pengunjung dengan tujuan panitia membantu mempromosikan komunitas doujin ini.
  2. Memberikan pada panitia / penyelenggara karya bertema “chika” maskot khci. Dapat berupa gambar, sketsa, editing, fan-art. Diperbolehkan memberikan watermark artistnya. Diperbolehkan modifikasi karakter, profil, data menurut kreatifitasnya masing-masing. Karya akan menjadi milik panitia / penyelenggara. Referensi gambar karakter bisa dilihat di: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.627852953925513.1073741836.221062011271278&type=3
  3. Peserta adalah perorangan atau komunitas, tidak termasuk perusahaan.
  4. Sistem kerjasama peserta – panitia penyelenggara adalah simbiosis mutualisme.
  5. Sistem kerjasama adalah saling mempromosikan.
  6. Peserta yang terdaftar dilarang menyewakan / mengalihkan kepesertaannya pada pihak lain.
  7. Booking lokasi stand berarti sudah menyerahkan formulir yang telah diisi dan telah ditandatangani.

Stand

  1. Stand ukuran: 2m x 3m, 1 meja, 2 kursi, fasilitas listrik standar (2Amp), TANPA PARTISI. Penambahan partisi & listrik dikenakan charge tambahan.
  2. ID Card: Maksimal 3 pcs (FREE PASS) per stand. Tidak ada penambahan ID Pass.
  3. Jadwal loading & dekorasi adalah H-1, Jumat, 1November 2013, pk. 11.00 - 20.00 WIB. Pada saat masuk  barang, peserta tidak perlu surat loading. Namun pada saat bongkaran unloading, Panitia akan menerbitkan surat Unloading.
  4. Jadwal unloading / bongkaran adalah hari Minggu, 3 November 2013, pk. 22.00 - 22.00 WIB.
  5. Mesti ada nama stand yang cukup besar dan terbaca dengan baik. Tidak boleh apa adanya, misalnya secarik kertas bekas lecek dengan tulisan spidol asal-asalan.
  6. Visualisasi stand diharapkan membuat pengunjung langsung mengerti bahwa ini adalah stand apa.
  7. Dekorasi dan perlengkapan disediakan sendiri oleh peserta.Peserta membuat dekorasi standnya yang menarik dan kreatif dan tidak asal jadi.
  8. Stand tidak boleh telihat kumuh dan berantakan atau asal jadi.
  9. Setiap Peserta wajib menjaga kebersihan dan keamanan masing stand.


Produk dalam stand

  1. Pesera disarankan membuat area pajang dalam standnya secara menarik dan kreatif.
  2. Peserta diperbolehkan membawa sendiri etalase atau rak pajangnya.
  3. Hasil karya yang dipamerkan / dijual harus berupa produksi sendiri dalam artian manual dalam jumlah terbatas. Dan bukan cetakan atau produksi massal.
  4. Produk yang diperbolehkan antara lain: doujin, komik, fan-art, pin, poster, mug, dll.
  5. Tidak ada batasan khusus untuk karya yang dipamerkan. Namun wajib dicantumkan LABEL secara jelas untuk kategorinya misalnya: LABEL: PG13, PG15, YAOI, YURI, dll.


Penjualan produk

  1. Penjualan hanya diperbolehkan hanya dengan ijin panitia penyelenggara. Dan dibatasi hanya untuk produk2 handmade & home made oleh pesertanya sendiri.
  2. Tidak boleh menumpang (nebeng) dan ditumpangi penjualan produk lain dan semacamnya yang bukan buatan peserta bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk melindungi  dan menghormati Peserta lain yang membayar sewa stand.
  3. Peserta tidak boleh melakukan apapun yang bisa diartikan penjualan diluar produk doujin, manga, comic, poster, fan-art dan semacamnya yang bukan buatan peserta bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk melindungi  dan menghormati Peserta lain yang telah membayar sewa stand.
  4. PESERTA diperbolehkan melakukan kegiatan transaksi atau berjualan atau menerima pesanan. Namun melaporkan hasilnya pada panitia/penyelenggara untuk pembuatan statistik analisa sebagai masukan dan evaluasi.


Promosi

  1. Peserta wajib mengundang dan mengajak teman & kerabatnya untuk hadir dan bergabung dalam event ini, khususnya mengenai DOUJIN MARKET COMMUNITY ini. 
  2. Promosi mempromosikan event menggunakan caranya masing-masing. Baik menggunakan FB invitation, FB wallnya sendiri, Blackberry messenger, Deviantart circle, myspace, twitter, dan sebagainya. Peserta wajib mempromosikan event dengan melampirkan screenshot, link, atau bukti lainnya.
  3. Peserta tidak boleh mempromosikan dan melakukan penjualan produk yang berasal dari perusahaan tertentu atau perusahaan manapun. Peserta hanya diperbolehkan mempromosikan produk dirinya sendiri.


Aktifitas pada saat event

  1. Stand harus diisi penuh selama 2 hari. 
  2. Peserta diharapkan mengadakan kegiatan service, workshop, demo, dll.
  3. Peserta diperbolehkan melakukan pameran, kegiatan, workshop, lomba, demo, gathering dan sebagainya, dengan ijin dan konfirmasi panitia penyelenggara sebelumnya). Peserta diperbolehkan membuat & mengisi acara baik di stand-nya ataupun di PANGGUNG. Bagi yang ingin menggunakan panggung harap menghubungi panitia untuk berkoodinasi mengenai rundown / jadwal acara.
  4. Peserta wajib menghormati pengunjung dan pihak lainnya untuk tidak menggunakan komunikasi kasar / kotor / tidak sopan dalam bentuk apapun.
  5. Peserta dilarang  melakukan kegiatan bertentangan dengan hukum, seperti membawa atau menggunakan Narkoba, Membawa senjata tajam, senjata api, bahan peledak dan aksi kekerasan baik terhadap manusia maupun binatang pada saat event berlangsung. Termasuk menghimbau kepada para fans, komunitas atau dan kerabat lainnya.
  6. Peserta dilarang melakukan kreatifitas apapun yang terkesan negatif, abnormal, menghina, kampanye politik, perbuatan kriminal, memberi contoh yang tidak baik kepada anak-anak kecil, kejam terhadap binatang, dan lain-lain sejenisnya.
  7. Barang-barang berharga dan bernilai mohon diletakkan dan dijaga hati2 untuk mencegah kemungkinan hilang atau rusak baik sengaja ataupun tidak yang dilakukan oleh pengunjung yang melihat-lihat atau berniat mencuri. Panitia tidak bertanggungjawab jika terjadi kehilangan.
  8. Laptop, Handphone, Blackberry, Ipad, Galaxy Tab, Dompet, Uang jangan ditaruh begitu saja tanpa pengawasan untuk mencegah hal-hal buruk (hilang/rusak) yang mungkin terjadi baik oleh sesama teman, sesama stand, maupun pengunjung.
  9. Dilarang saling mengejek sesama komunitas, baik secara frontal, sindiran, maupun tersirat. Tidak boleh membuang sampah sembarangan walaupun kekurangan tempat sampah. Wajib peduli kebersihan.

Pada saat pulang

  1. Peserta diharapkan tidak bongkaran sebelum pukul:  20:30 WIB baik pada hari sabtu maupun minggu.
  2. Pada saat tutup, para Peserta diharapkan menutup standnya dengan baik dan rapi, Peserta bisa menutup standnya dengan kain atau bahan terpal. Barang-barang berharga harap dibawa pulang.
  3. Barang-barang berharga dan bernilai mohon dibawa pulang jangan ditinggalkan ataupun dititipkan di area pameran, baik kepada sesama stand, maupun kepada panitia.


Lain-lain

  1. Panitia / penyelenggara terbuka untuk ide / masukan / kerjasama lain yang masih berhubungan dengan tujuan mengembangkan komunitas dan event.
  2. Dalam keadaan Force Majeure, maka semua pihak tidak berhak menuntut ganti rugi dalam bentuk apapun juga pada Panitia / Penyelenggara.

==================================================================

FORMULIR PENDAFTARAN
Bagi yang berminat, silakan copy-paste isi data-data dibawah ini dan kirimkan ke: inotaku.organizer@gmail.com 


  • Subject: DAFTAR DOUJIN MARKET COMMUNITY (DMC)
  • Nama stand : _________
  • Nama pendaftar (sesuai KTP): __________
  • Alamat FB: __________
  • Kota domisili: __________
  • Nama Contact Person: ________ Jabatan: __________ no. HP: __________ email: __________
  • Tujuan bergabung : __________
  • Kegiatan yang akan dilakukan dalam event: Demo / workshop / free stuff / free service / jualan / _______
  • Apakah akan berjualan dalam standbooth? YA/TIDAK
  • Jika Ya, sebutkan, produk apa:__________
  • Jenis produk dalam standbooth: __________
  • Memberikan produk pada panitia? YA/TIDAK
  • Kalau YA, Produk yang akan diberikan pada panitia:__________
  • Memberikan karya bertema Chika? YA/TIDAK
  • Free Tiket yang diminta, maksimal 3 orang: (cantumkan nama dan posisi/jabatan)
  • _________
  • _________
  • _________
  • (Metode yang akan dipakai adalah model absensi nama dengan memperlihatkan KTP)
  • Jumlah orang/anggota dalam stand: _________
  • Bersedia membantu mempromosikan event ini? YA / TIDAK
  • Setuju untuk tidak berjualan atau berpromosi produk yg tidak berhubungan dengan doujin buatan sendiri: YA / TIDAK.
  • Peserta wajib hadir dikedua hari, baik hari Sabtu dan hari Minggu:YA/TIDAK
  • Mempromosikan event dan mengundang teman / kerabat? YA / TIDAK dengan cara apa, sebutkan: __________


LAMPIRAN
  • Lampirkan profil, data, dokumentasi komunitas, foto/gambar, dll.
  • Lampirkan logo komunitas untuk dilampirkan pada media promosi kami.
  • Jika setelah mendapat persetujuan bergabung, mohon segera kirimkan /lampirkan cara / screenshot / bukti / link promosinya: __________


CATATAN
  • Panitia Penyelenggara akan mempelajari data-data yang dikirim dan mempertimbangkan jumlah standbooth yang masih tersedia.
  • Bagi pendaftar yang disetujui, Panitia Penyelenggara akan mengirimkan jawaban via email.
  • Untuk informasi lebih lanjut jika ada pertanyaan, bisa email ke: inotaku.organizer@gmail.com